Mengenal draft RPJPD kabupaten Mamuju Tengah 2015-2025

Mengenal draft RPJPD kabupaten Mamuju Tengah 2015-2025

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah,

Mamuju Tengah 30 Nopember 2015,- Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, dengan memperhatikan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Mamuju  Tengah ini disusun dengan maksud menyediakan sebuah dokumen Perencanaan komprehensif dua puluh tahunan, yang akan digunakan sebagai acuan dalam penyusunan RPJM Daerah untuk setiap jangka waktu lima tahunan oleh pasangan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih bersama dengan DPRD.

Seperti diketahui bahwa dalam rentang duapuluh tahun mendatang, Pemerintah Daerah mulai saat ini menghadapi persaingan dan ketidakpastian global yang makin meningkat, serta peningkatan jumlah dan dinamika masyarakat yang makin beraneka ragam. Untuk itu diperlukan suatu perencanaan jangka panjang berupa Visi Pembangunan Daerah yang mampu menghadapi tantangan di masa yang akan datang.Untuk mewujudkan Visi Pembangunan Daerah, perlu diteruskan hasil-hasil pembangunan yang sudah dicapai, permasalahan yang sedang dihadapi dan tantangannya ke depan ke dalam suatu konsep pembangunan jangka panjang, yang mencakup berbagai aspek penting kehidupan berbangsa dan bernegara, yang akan menuntun proses menuju tatanan kehidupan masyarakat dan taraf pembangunan yang hendak dicapai.

Untuk itu, maka menghadapi tahun 2005-2025 Kabupaten Mamuju Tengah menetapkan visi berupa :

“ KABUPATEN MAMUJU TENGAH SEBAGAI AGROBISNIS DAN PUSAT PERTUMBUHAN KTM YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN”

Visi ini memiliki makna sebagai berikut :

Pusat Pertanian dan Perkebunan, yakni masyarakat yang mampu mengoptimalkan potensi lokal di bidang pertanian dan perkebunan dalam melakukan perubahan untuk meningkatkan kesejahteraannya;

Pusat Pertumbuhan KTM, yakni mewujudkan dan mendukung RTRW Provinsi untuk menjadikan KTM Tobadak sebagai Pengembangan Pusat Kota Terpadu Mandiri.

Misi

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi juga dapat dipandang sebagai pilihan jalan (the chosen track) bagi pemerintahan daerah dalam menyediakan dan menyelenggarakan layanan bagi masyarakat dan aktivitas pembangunan pada umumnya bagi stakeholder pembangunan secara keseluruhan.

 Misi

  Rumusan misi RPJPD Kabupaten Mamuju Tengah 2015-2025 adalah sebagai berikut.

1. Mengembangkan sistem agribisnis dan kawasan agropolitan sebagai basis pertumbuhan ekonomi daerah

 Misii ini mencakup upaya-upaya yang terkait dengan peningkatan produksi dan nilai tambah usaha perkebunan, pertanian, peternakan dan perikanan dalam suatu saling keterkaitan antara subistem hulu (on-farm) dan subsistem hilir (off-farm).

1. Mendorong kemakmuran ekonomi dan kesejahteraan sosial berbasis kerakyatan

 Misi ini dimaksudkan untuk  memperhatikan pemerataan kesejahteraan secara umum dibalik pertumbuhan ekonomi yang berlangsung. Misi ini mencakup upaya-upaya penanggulangan kemiskinan, peningkatan produktivitas dan pendapatan masyarakat, pengembangan lapangan kerja dan lapangan usaha, penguatan usaha kecil dan menengah serta koperasi, dan penanganan penyandang masalah kesejahteraan social (PMKS). Misi ini diarahkan untuk mendukung pencapaian pokok visi Mamuju Tengah sebagai daerah “Sejahtera”.

3. Memelihara stabilitas daerah, ketertiban umum, kerukunan beragama, serta persatuan dan kesatuan masyarakat

 Misi ini dimaksudkan untuk menjamin terpenuhinya kondisi yang dibutuhkan sebagai prasyarat bagi pembangunan jangka panjang secara umum. Misi ini mencakup upaya pemeliharaan stabilitas secara wilayah dan administratif, pemeliharaan ketertiban umum dan perlindungan masyarakat, pemeliharaan kerukunan antar ummat beragama, pengembangan kebudayaan dan pemeliharaan persatuan dan kesatuan masyarakat.

4. Meningkatkan kualitas manusia dan keberdayaan masyarakat

 Misi ini dimaksudkan untuk mengakselerasi peningkatan kualitas manusia dan masyarakat Kabupaten Mamuju Tengah secara umum. Terdapat hubungan timbal balik antara kesejahteraan masyarakat dengan kualitas manusia. Karena itu misi ini sangat penting mengingat Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Mamuju Tengah masih rendah. .

5. Mengembangkan  kapasitas infrastruktur wilayah bagi kemandirian dan daya saing daerah

Misi dimaksudkan untuk menunjang langsung perwujudan Kota Terpadu Mandiri di ibukota kabupaten secara terkoneksi dengan pusat perkembangan wilayah pada kecamatan lainnya.

6.  Mewujudkan kepemerintahan yang baik  Misi ini bermaksud memperkuat kinerja birokrasi melalui proses reformasi birokrasi secara berkelanjutan.

7. Mengoptimalkan Keberlanjutan Pengelolaan Sumberdaya Alam  dan Kelestarian Lingkungan Hidup

Misi ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mengantisipasi dampak lingkungan dari perkembangan daerah secara jangka panjang. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi berkonsekuensi pada munculnya risiko lingkungan. Misi ini mencakup upaya-upaya pengelolaan keanekaragaman hayati, penanganan limbah serta bahan berbahaya dan beracun, penanganan sampah, pengelolaan tata ruang, pengelolaan sumberdaya air, dan penanganan bencana. Misi ini berkontribusi kepada pokok visi Mamuju Tengah sebagai daerah “berwawasan lingkungan”.

 

 

 (SDH)