Launching Macanga Library Mateng

Launching Macanga Library Mateng

Penggutingan pita oleh Sekretaris Daerah Kab. Mamuju Tengah


Website Resmi Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah, Topoyo - Kamis, 27 Juli 2017 Tepat pukul 11.00 WITA, dilaunching sebuah perpustakaan yang diberi nama "Macanga Library". Perpustakaan ini dibuat oleh Bapak Wardiman yang bekerja sebagai PNS pada satu instansi pemerintahan di Kab. Mamuju Tengah, bertempat di Jalan yang mengarah ke salah satu pesantren tepatnya simpang empat kompleks pasar Topoyo.

Sekitar 20-an anak sekolah tingkat SMP terlihat menjadi tamu undangan, juga beberapa civitas pemerintahan, masyarakat serta awak media. Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Hj. Nirwana Sari Aras dalam sambutannya mengatakan "Membaca itu penting, membaca tidak memandang kondisi sosial di masyarakat, apakah anda anak petani atau anaknya siapa" dilanjut lagi ia mengatakan bahwa "karakter dan perilaku itu berbeda, karakter itu bawaan tapi perilaku itu bersumber dari rumah, hendaknya orang tua memberi contoh yang baik di rumah sehingga perilaku-perilaku mampu ditiru oleh anak". Selanjutnya ia menambahkan bahwa pentingnya mengembalikan fungsi orang tua sebagai seorang pendidik di rumah, orang tua juga hendaknya menjadi contoh bagi anak-anaknya bukannya malah memberikan contoh yang tidak baik dan melarang anak mengikuti perbuatan yang dilakukan contohnya merokok.

Selepas Hj. Nirwana Aras atau Hj. Nanna begitu ia disapa, dilanjutkan dengan sambutan Bupati Mamuju yang diwakili Sekda Mamuju Tengah, Bapak Askari."Budaya membaca di Indonesia terendah se-ASEAN. Dikarenakan budaya membaca yang masih kurang. Selain itu dalam belajar dan membaca anak-anak harus diawasi oleh orang tua karena pengaruh tekhnologi yang luar biasa, sekarang internet gampang diakses sehingga anak-anak juga bisa gampang membaca dan melihat hal-hal yang tidak perlu, jika tidak di bendung dengan pengetahuan agama dan akidah maka kita akan kehilangan generasi muda Mamuju Tengah".

Ditambah lagi bahwa perlu adanya sinergitas antara orang tua, guru dan kepolisian dalam pendidikan anak, karena tidak bisa dipungkiri bahwa tidak sedikit anak-anak kita di Mamuju Tengah tengah terjangkit virus Narkoba ini" tuturnya. Dalam sambutannya ia juga menyisipkan bantuan buku sebanyak sepuluh buah, ia berharap agar setelah Macanga Library ini dilaunching jangan sampai hilang kegiatannya karena lagi-lagi mempertahankan adalah yang paling sulit. Agenda kegiatan yang dilakukan selanjutnya adalah penggutingan pita pertanda sudah diresmikannya Macanga Library sebagai Taman Bacaan Masyarakat.

Kontributor : MSN

.