Sekkab Kukuhkan PASKIBRAKA Kab. Mamuju Tengah 2017

Sekkab Kukuhkan PASKIBRAKA Kab. Mamuju Tengah 2017

Sekkab Mateng dan Paskibraka Mateng 2017


Website Resmi Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah,

Bertempat di Pendopo Kantor Bupati Mamuju Tengah, Sekkab Mamuju Tengah Askary Anwar mengukuhkan Paskibraka Kab. Mamuju Tengah tahun 2017. Setelah diseleksi ketat oleh tim gabungan TNI, Polri dan Purna Paskibra, putra-putri terbaik Kab. Mamuju Tengah yang dipilih dari beberapa Sekolah Tingkat Menengah Atas atau sederajat untuk tampil sebagai pasukan pengibar bendera pusaka tanggal 17 Agustus nanti.

Pasukan pengibar bendera pusaka atau lebih dikenal dengan akronim Paskibraka, adalah sebuah pasukan non militer yang dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di 3 tempat, yakni tingkat Kabupaten/Kota (Kantor Bupati/Wali Kota), Provinsi (Kantor Gubernur), dan Nasional (Istana Merdeka).

Menjadi seorang Paskibraka adalah sebuah kebanggaan, menjadi simbol hidup penjaga bendera pusaka. Latihan dan kerja keras menjadi tuntutan para pemuda-pemudi Mamuju Tengah ini demi menampilkan proses pengibaran dan penurunan bendera dengan sempurna.

Beberapa bulan sebelumnya sudah ada seleksi lebih awal untuk memilih calon Paskibraka yang akan mewakili Kab. Mamuju Tengah di Istana Negara nanti, dan terpilihlah Ade Wijaya Rahmat dan Ni Made Widyastuti, keduanya menyisihkan 22 orang peserta paskibraka dari 24 calon paskibraka yang bersal dari seluruh kabupaten se-Sulawesi Barat.

Menurut sejarahnya Paskibraka lahir pada tahun 1946, pada saat ibukota Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta. Memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-1, Presiden Soekarno memerintahkan salah satu ajudannya, Mayor (Laut) Husain Mutahar untuk menyiapkan pengibaran bendera pusaka di halaman Istana Gedung Agung Yogyakarta. Pada saat itulah, di benak Mutahar terlintas suatu gagasan bahwa sebaiknya pengibaran bendera pusaka dilakukan oleh para pemuda dari seluruh penjuru Tanah Air, karena mereka adalah generasi penerus perjuangan bangsa yang bertugas.

Sumber foto       :MY / Humas Mateng

Kontributor        : MSN